Search

Praktik Pencucian Uang Merajalela di Pakistan, Warga Miskin Jadi Korban

Hiruk pikuk kasus pencucian uang munculs etelah PM Khan berjanji memberantas korupsi yang merajalela di Pakistan, di mana diklaim telah menyedot miliaran dolar AS ketika negara itu tengah berjuang menyeimbangkan perekonomiannya.

"Ini adalah uang Anda yang dicuri," kata PM Khan saat berpidato di televisi nasional negara itu, pada Rabu 24 Oktober.

"Uang tersebut dicuri dari kontrak publik ... dan ditransfer ke akun-akun ini (para koruptor), lalu dicuci di luar negeri. Saya tidak akan membiarkan mereka yang korup di negara ini hidup bebas," lanjutnya berjanji.

Namun, janji tersebut tidak dirasakan oleh Mohammad Qadir, salah seorang warga miskin yang menjadi korban pencucuian uang.

"Saya belum pernah memiliki jumlah uang sangat besar di rekening," kata penjual es krim berusia 52 tahun itu.

Malang baginya, transaksi tetap dibuat atas namanya untuk 2,25 miliar rupee.

Sejak berita tentang insiden itu menyebar, Qadir mengatakan dia kerap diejek oleh tetangganya, dan memiliki ketakutan besar bahwa hidupnya akan terancam oleh pelaku kriminal dan jeratan hukum.

Masyarakat miskin Pakistan, menurut beberapa pengamat, telah lama digunakan sebagai tameng bagi untuk elit korup untuk menghindari pajak dan menyembunyikan aset terlarangnya.

Tetapi skema pencucian uang via rekening rakyat miskin belum pernah terjadi sebelumnya. Polisi menduga bahwa deretan pialang kaya yang dekat dengan mantan Presiden Asif Zardari, bisa jadi adalah terduga kuat dalam kasus ini.

Pada bulan September, Mahkamah Agung Pakistan membentuk komisi untuk menyelidiki pencucian uang, dan menemukan bahwa setidaknya US$ 400 juta telah melewati "ribuan akun palsu", menggunakan nama-nama orang miskin.

"Ada sekitar 600 perusahaan dan individu yang terkait dengan skandal (pencucian uang) itu," jelas komisi itu menyimpulkan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2CJxGwK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Praktik Pencucian Uang Merajalela di Pakistan, Warga Miskin Jadi Korban"

Post a Comment

Powered by Blogger.