Search

Australia Selamatkan 41 Pencari Suaka yang Tenggelam di Samudera Hindia?

Liputan6.com, Canberra - Angkatan Udara Australia telah mendeteksi dan menyelamatkan 41 pencari suaka dari kondisi tenggelam di Samudera Hindia pada bulan lalu dalam sebuah rencana operasi pengintaian, menurut media independen yang dibiayai pemerintah setempat.

Para pencari suaka tersebut berusaha melakukan perjalanan ke Australia dan dicegat oleh Angkatan Laut Sri Lanka pada 23 Mei 2019 lalu, melansir media Negeri Kanguru, ABC Indonesia pada Rabu (5/6/2019).

Kasus ini adalah kapal kedua yang telah dicegat ketika mencoba melakukan perjalanan ke Australia dalam beberapa minggu terakhir.

Pekan lalu, sebuah kapal dengan 20 pencari suaka dicegat oleh pihak berwenang di dekat Pulau Christmas, di lepas pantai barat laut Australia Barat.

Pada saat itu, Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton, mengatakan itu "bukan satu-satunya kapal yang kami khawatirkan".

Insiden terbaru ini dikonfirmasi oleh kepala Operasi Perbatasan Berdaulat, Mayor Jenderal Craig Furini.

"Untungnya Angkatan Laut Sri Lanka bisa menyelamatkan 41 warga negara Sri Lanka di kapal," katanya.

"Ini menyoroti bahaya nyata dari mencoba perjalanan ini."

"Sebelum (operasi perbatasan berdaulat) dimulai pada tahun 2013, lebih dari 1.200 orang tenggelam di laut mencoba perjalanan seperti itu di laut. Sejak Operasi Perbatasan Berdaulat dimulai, belum ada (yang tenggelam)."

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping http://bit.ly/2Xz25Wt

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Australia Selamatkan 41 Pencari Suaka yang Tenggelam di Samudera Hindia?"

Post a Comment

Powered by Blogger.