Search

UEA: Satu Negara Jadi Dalang Sabotase 4 Kapal Tanker di Teluk Persia

Liputan6.com, New York - Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan temuan awal penyelidikan serangan terhadap kapal tanker minyak di lepas pantai Fujairah pada bulan lalu, menunjukkan hal itu sebagai bagian dari operasi "canggih dan terkoordinasi", yang kemungkinan dilakukan oleh satu negara, meski tidak menyebutkan pasti dalang di baliknya.

UEA, bersama dengan Arab Saudi dan Norwegia, mempresentasikan temuan awal itu pada Kamis 6 Juni, di tengah-tengah briefing Dewan Keamanan PBB, yang juga akan menerima hasil akhir penyelidikan untuk mempertimbangkan kemungkinan tanggapan.

Dalam sebuah dokumen tentang pengarahan mereka kepada anggota Dewan Keamanan, ketiga negara tidak menyebutkan Iran, yang telah dituduh oleh Amerika Serikat (AS) bertanggung jawab langsung atas serangan 12 Mei 2019, yang terjadi saat meningkatnya ketegangan antara Teheran dan Washington.

Dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (7/6/2019), Iran kembali membantah keras tudingan keterlibatan tersebut.

Investigasi bersama oleh UEA dan para sekutunya mengatakan serangan kapal tanker memerlukan navigasi ahli kapal cepat dan penyelam terlatih.

Hal itu untuk memungkinkan penempatan tambang limpet dengan tingkat presisi tinggi pada kapal di bawah permukaan air, guna melumpuhkan tetapi tidak menenggelamkannya.

Ketiga negara mengatakan bahwa mereka percaya itu adalah pekerjaan beberapa tim operasi, yang mengkoordinasikan empat ledakan dalam waktu kurang dari satu jam.

"Sementara penyelidikan masih berlangsung, fakta-fakta ini adalah indikasi kuat bahwa keempat serangan itu adalah bagian dari operasi canggih dan terkoordinasi, yang dilakukan oleh seorang aktor dengan kapasitas operasional signifikan, kemungkinan besar adalah aktor negara," kata mereka.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping http://bit.ly/2Zb85F5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "UEA: Satu Negara Jadi Dalang Sabotase 4 Kapal Tanker di Teluk Persia"

Post a Comment

Powered by Blogger.