Search

Miskin dan Jelek Jadi Kata Populer Generasi Muda China di Tahun 2018

Liputan6.com, Beijing - Ini adalah cara yang tidak terlalu bagus untuk menggambarkan diri Anda sendiri: "miskin dan jelek". Tapi anak-anak muda malah menggunakan istilah "qiou" dengan bangga.

Temuan terbaru oleh generasi muda jejaring sosial di China ini malah mendapat gelar "unofficial word of the year" atau "kata tahun ini" secara tidak resmi di dunia maya.

Surat kabar milik pemerintah, Global Times melaporkan istilah yang menggabungkan kata "qiong" (miskin) dan "chou" (jelek) mulai menjadi tren awal bulan Desember lalu.

Istilah ini juga mengandung karakter "tu", atau kotoran.

Pengguna Weibo, jejaring sosial populer di China, Zhang Huyue, mendefinisikan qiou sebagai "sangat miskin sehingga Anda harus makan kotoran".

Shenshen Cai, seorang dosen senior Studi China di Universitas Teknologi Swinburne, mengatakan kepada ABC News bahwa popularitas kata itu dapat dilihat sebagai perpanjangan dari budaya "sang" - yang dikaitkan dengan kata "pemakaman" untuk menggambarkan keputusasaan banyak orang muda rasakan.

Tetapi ini juga semacam "kekalahan ironis", kata Dr Cai, karena kaum muda yang menentang keras harapan orang tua mereka, pemerintah dan masyarakat pada umumnya.

"Kredit saya tidak bisa melunasi barang-barang saya ... qiou," tulis Xiaominzhi_520 di Weibo.

"Sekali qiou, selalu qiou," gurau H_Hide.

Beberapa anak muda, seperti Xingliang Liu, mengambil pendekatan yang lebih pragmatis: "Meskipun miskin dan jelek, saya masih memutuskan untuk menjalani kehidupan yang kuat."

Ironisnya, generasi kelas menengah yang dibesarkan di bawah kebijakan satu anak China, yang dihapuskan pada akhir 2013, telah menikmati jumlah kekayaan yang sebelumnya tidak pernah dibayankang oleh orangtua dan kakek nenek mereka.

Namun terlepas dari peluang, beberapa merasa kesuksesan tidak dapat dicapai.

"Penggabungan karakter baru "qiou" mengungkapkan jika anak-anak muda China sadar bahwa pencapaian materi dan kesuksesan sosial tidak sejalan dengan kerja keras," kata Dr Cai.

Simak video pilihan berikut:

Aksi jahil seorang bocah buang air kecil di dalam lift menyebabkan ia terjebak dalam lift kosong di chongqing, china.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping http://bit.ly/2s2gFr8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Miskin dan Jelek Jadi Kata Populer Generasi Muda China di Tahun 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.