Search

Kereta Otomatis Menabrak Halte Penyangga di Jepang, 14 Orang Terluka

Setelah investigasi yang panjang, pemerintah memberikan sanksi kriminal kepada 9 kru kereta barang karena telah lalai dan menyebabkan orang kehilangan nyawa.

Belajar dari pengalaman itu, Jepang mengubah kebijakan yang tadinya menyerukan 'jangan hentikan kereta kecuali penting' menjadi 'hentikan kereta setelah ada satu kecelakaan tak peduli seberapa parahnya.'

Sistem otomatis penghentian kereta akan menyala tatkala melanggar sinyal lampu merah. Hal itu secara nasional diberlakukan Jepang pada tahun 1966.

Pada hari yang sama pada tahun 1986, bom meledak di dalam pesawat yang tengah parkir di Bandara Internasional Kolombo. Air Lanka Tristar UL512 yang datang dari Bandara Gatwick London -- setelah transit di Zurich, Swiss dan Dubai, Uni Emirat Arab itu, terbelah menjadi dua bagian.

Penerbangan UL512 membawa 20 kru dan 128 penumpang, terutama turis Prancis, Inggris dan Jepang yang hendak terbang ke Kepulauan Maladewa di Samudera Hindia.

Korban tewas dalam musibah tersebut berjumlah 21 orang, 41 lainnya -- termasuk 25 orang dari Inggris -- terluka akibat ledakan bom tersebut. Bom yang meledak di pesawat itu diduga kuat disembunyikan oleh pemberontak Tamil, yang berupaya mendirikan wilayah kekuasaan sendiri di Sri Lanka.

Selain peristiwa tragis itu, tanggal yang sama tahun 1481 terjadi gempa bumi dahsyat di Rhodes, Yunani. Lindu berkekuatan 7,1 skala Richter yang menyebabkan tsunami itu menyebabkan 30 ribu orang meregang nyawa.

Sementara pada 3 Mei 1952, pesawat pertama mendarat di Kutub Utara. Letnan Kolonel Joseph O. Fletcher dari Oklahoma dan Letnan Kolonel William P. Benediktus dari California, yang menerbangakan burung besi itu ke sana.

Fletcher bahkan sempat turun dari pesawat dan berjalan di Kutub Utara, mungkin saja ia orang pertama dalam sejarah yang melakukannya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping http://bit.ly/2MoPq77

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kereta Otomatis Menabrak Halte Penyangga di Jepang, 14 Orang Terluka"

Post a Comment

Powered by Blogger.