Search

Bendungan Mengering Picu Risiko Pemadaman Listrik Besar-besaran di Afrika

Liputan6.com, Cape Town - Meningkatnya suhu Bumi yang memicu kekeringan pada banyak bendungan di Afrika, menurut peneliti, berisiko menyebabkan pemadaman listrik besar-besaran di benua tersebut.

Berdasarkan kondisi beberapa tahun terakhir, ketika kekeringan semakin meluas di wilayah selatan dan timur Afrika, laporan baru oleh para ilmuwan iklim memperingatkan bahwa kecenderungan pembangunan bendungan mungkin salah arah.

Dikutip dari Independent.co.uk pada Kamis (30/8/2018), kedua wilayah Afrika tersebut membangun bendungan sejumlah hampir dua kali lipat dari prediksi kapasitas tenaga air mereka pada 2030, yang didasarkan pada perubahan ekstrem kondisi perairan darat setempat.

"Perubahan tak terduga dalam ketersediaan air jelas menimbulkan risiko signifikan terhadap kelangsungan pembangkit listrik tenaga hidro, yang berdampak pada keamanan listrik negara-negara di Afrika," kata Profesor Declan Conway dari Grantham Research Institute tentang Perubahan Iklim dan Lingkungan.

Prof Conway menyatakan bahwa El Niño pada 2015 dan 2016 membawa kondisi kekeringan di Afrika Selatan, dan menurunkan tingkat air di bendungan, sehingga banyak daerah mengalami pemadaman listrik.

Ditambahkan pula, bahwa beberapa bendungan baru direncanakan dibangun di lokasi lembah sungai serupa, yang telah mengalami dampak buruk kekeringan dalam beberapa tahun terakhir.

"Jika negara-negara ini membangun lebih banyak bendungan tenaga air di wilayah sungai yang sama, mereka semua akan mengalami risiko besar selama kekeringan di masa depan, mengancam ketersediaan listrik di area yang sangat luas," ujar Prof Conway memperingatkan.

Lebih dari 80 persen kapasitas listrik tenaga air di Afrika bagian timur direncanakan berada di cekungan Nil, dan hampir 90 persen dari Afrika bagian selatan memilih membangunnya di Lembah Zambesi.

Profesor Conway, yang mempresentasikan temuannya di Royal Geographical Society di London, memperingatkan bahwa efek berbahaya dari kekeringan pada kapasitas tenaga air, hanya akan memburuk di masa depan.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Simak video pilihan berikut: 

Praktik ilmu hitam atau black magic masih amat kental di Afrika Selatan. Salah satunya yang terpampang nyata terlihat di video ini.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2BXJahF

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bendungan Mengering Picu Risiko Pemadaman Listrik Besar-besaran di Afrika"

Post a Comment

Powered by Blogger.