Search

Iklan Agenda Reformasi Arab Saudi Dicekal di Inggris, Alasannya?

Liputan6.com, London - Ketika Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, mengunjungi Amerika Serikat (AS) selama tiga hari pada bulan Maret, pemerintah Saudi menayangkan iklan satu menit di televisi kabel Inggris, yang mempromosikan agenda reformasi kerajaan, "Visi 2030."

Iklan pers besar menyatakan: "Reformasi ini membawa perubahan bagi Arab Saudi."

Tapi sekarang iklan terkait, yang telah tayang sebanyak 56 kali di stasiun televisi Sky itu, secara efektif dilarang oleh Ofcom, lembaga pengawas media di Inggris.

Hal itu, sebagaimana dikutip dari CNBC pada Jumat (31/8/2018), disebut melanggar larangan ketat negara pada iklan politik di televisi dan radio.

Ofcom melarang tegas iklan ini karena dinilai menyinggung pendekatan Arab Saudi tentang kebebasan berbicara, hak asasi manusia, dan perlakuan terhadap wanita, di mana berisiko mengaburkan fakta yang sebenarnya.

Selain itu, Ofcom juga menemukan bahwa iklan terkait memuat ide "penjualan senjata Inggris ke Arab Saudi dan keterlibatan kerajaan dalam perang sipil Yaman", menjurus pada pembentukan opini publik secara sepihak.

Namun, dalam nota pembelaannya pada Ofcom, pemerintah Arab Saudi mengatakan ikaln terkait sengaja ditayangkan untuk mempromosikan perdagangan antara kedua negara.

Iklan ini menunjukkan montase gambar Arab Saudi, termasuk wanita yang mengemudi dan acara budaya, dengan sulih suara yang menyatakan: "Hal-hal yang tidak diragukan lagi berubah di Arab Saudi ... wanita Saudi telah diizinkan untuk mengemudi ... Sektor hiburan menampilkan banyak baru. Era Kerajaan masa kini yang mengurangi ketergantungannya pada minyak ... Kemitraan dunia kunci berada di tengah upaya pergeseran ini, terutama dengan Kerajaan Inggris. Hubungan jangka panjang kami membawa peningkatan kemakmuran dan keamanan bagi kedua negara."

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Simak video pilihan berikut: 

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan jemaah haji, kerajaan Arab Saudi dirikan pusat pengendalian dan komando haji di Mina.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2ou9rdM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Iklan Agenda Reformasi Arab Saudi Dicekal di Inggris, Alasannya?"

Post a Comment

Powered by Blogger.