Search

Pada Usia Ini, Manusia Punya Rasa Percaya Diri Tinggi

Liputan6.com, Bern - Banyak orang mengatakan bahwa obsesi terbesar manusia saat ini adalah tetap berusia muda, sehingga menjadi tua tak ubahnya sebagai momok.

Namun, sebuah penelitian baru mengatakan setidaknya satu hal menjadi lebih baik saat usia menua, yakni harga diri. Hal itu terungkap dalam sebuah makalah ilmiah terbaru dalam jurnal Psychological Bulletin, menyebut usia 60 sebagai tahap di mana seseorang menemukan kepercayaan diri terbaik.

"Usia paruh baya adalah, bagi banyak orang dewasa, dinilai sebagai masa kehidupan yang sangat stabil, seperti tentang hubungan dan pekerjaan. Selain itu, kebanyakan orang di rentang usia ini lebih berinvestasi pada peran sosial, yang mungkin mempromosikan harga diri mereka," kata Ulrich Orth, seorang profesor psikologi di University of Bern di Swiss, sebagaimana dikutip dari Time.com pada Kamis (23/8/2018).

"Misalnya, orang mengambil peran manajerial di tempat kerja, mempertahankan hubungan yang memuaskan dengan pasangan, dan membantu anak-anak mereka menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan mandiri," lanjutnya menjelaskan.

Para peneliti mendasarkan analisis mereka pada 191 artikel penelitian tentang harga diri pada manusia, yang termasuk data dari hampir 165.000 orang.

Mereka berangkat untuk menyajikan tampilan paling komprehensif, namun pada bagaimana harga diri berubah seiring bertambahnya usia. Mereka juga memeriksa sejumlah demografi dan kelompok usia yang berbeda.

Harga diri pertama mulai meningkat antara usia 4 dan 11, ketika anak-anak berkembang secara sosial dan kognitif, hingga mendapatkan rasa kebebasan.

Tingkat selanjutnya disebut selalu berada di area puncak, dan hampir tidak pernah menurun. Masa itu adalah tahun-tahun remaja, yang membentang pada usia 11 hingga 15.

Namun, satu hal yang mengejutkan adalah ilmuwan salah mengira tentang tingkat harga diri pada usia remaja, yang justru cenderung menurun saat memasuki masa pubertas.

Sebaliknya, menurut penelitian terkait, harga diri tampak tetap stabil sampai pertengahan masa remaja. Setelah itu mengalami jeda, hingga kembali meningkat saat memasuki usia kepala tiga.

"Kemudian (harga diri) bertahap merangkak naik di masa dewasa tengah (30-40 tahun), sebelum memuncak sekitar usia 60 dan tetap stabil sampai usia 70," jelas Orch.

Setelah periode ini, data Orth menunjukkan bahwa banyak manusia dewasa mengalami penurunan harga diri, mulai dari sekitar usia 70, dan menjadi lebih signifikan saat mendekati usia 90 tahun.

"Usia tua sering melibatkan hilangnya peran sosial sebagai akibat dari pensiun, perasaan kosong, dan, mungkin hidup tanpa pasangan, yang semuanya merupakan faktor yang dapat mengancam harga diri," pungkas Orth.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Simak video pilihan berikut: 

Manusia mana yang tak ingin hidup bahagia? Semua orang tentu menginginkan kebahagiaan yang tiada habisnya. Hanya saja ada beberapa hal yang kita lakukan tanpa disadari sudah merenggut kebahagiaan yang seharusnya menjadi milik kita.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2wnvVRd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pada Usia Ini, Manusia Punya Rasa Percaya Diri Tinggi"

Post a Comment

Powered by Blogger.