Search

Pengusaha Minuman Bir di AS Mendaur Ulang Biji Barley Jadi Tepung

Liputan6.com, Washington DC - Konsumsi bir di Amerika Serikat mencapai 100 liter per warga yang memenuhi syarat usia untuk mengonsumsi minuman alkohol, dalam skala per tahun. Artinya, pengunaan biji barley --bahan utama yang memberi kadar alkohol pada bir-- meningkat.

Bahkan penyulingan bir kecil di Amerika Serikat sekalipun membuang sekitar dua juta ton biji-bijian yang digunakan setiap tahun ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Tetapi seorang pengusaha menemukan manfaat lain dari semua biji-bijian yang terbuang itu. Ia mendaur ulang biji-biji barley menjadi tepung dan kemudian dijualnya ke toko roti dan restoran.

Bir mungkin bukan menjadi alasan utama dari upaya untuk memerangi limbah makanan, tetapi proses pembuatannya menggunakan ribuan kilo biji barley (jelai) --salah satu jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman keluarga gandum.

Setelah biji-biji direndam dalam air panas untuk melepas kadar gulanya, warna minuman keemasan yang dihasilkannya difermentasi menjadi alkohol dan biji-biji barley yang sudah digunakan akan dibuang.

"Di kota New York saja, ada 6.000 ton yang dibuang ke TPA setiap tahun. Jadi, kalau setidaknya mulai membuat New York bebas limbah akan sangat baik,” kata Bertha Jimenez, pendiri dan CEO Rise seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (24/8/2018).

Bertha Jimenez dan timnya mendaur ulang biji barley yang sudah digiling dan mengubahnya menjadi tepung dengan cara dikeringkan, digiling, disaring kemudian dikemas. 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Saksikan video pilihan berikut ini:

Sebuah bola bisbol melayang ke arah tribun dan masuk ke dalam gelas bir seorang penonton. Insiden ini terjadi pada pertandingan antara Atlanta Braves vs San Diego Padres.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2wb4Zot

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengusaha Minuman Bir di AS Mendaur Ulang Biji Barley Jadi Tepung"

Post a Comment

Powered by Blogger.