Search

Pria Suriah yang Terjebak di Bandara Malaysia Resmi Terima Suaka dari Kanada

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Seorang pria Suriah yang terjebak selama lebih dari tujuh bulan di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, akhirnya mendapat suaka dari pemerintah Kanada.

Nasib Hassan al-Kontar mendapat perhatian global ketika ia mulai mengunggah video secara berkala dari Negeri Jiran, yang menceritakan kesehariannya di dalam bandara, dan berbagi pandangan tentang beragam isu.

Kontar (37) telah menghabiskan dua bulan terakhir di pusat detensi Malaysia dan sponsornya dari kanada berupaya mempercepat penyelesaian kasusnya.

Dikutip dari BBC pada Selasa (27/11/2018), Kontar dikabarkan telah mendarat di Kota Vancouver, Kanada, pada Senin malam waktu setempat, atau Selasa pagi WIB.

Dua organisasi, British Columbia Muslim Association dan Canada Caring Society, mensponsori dia untuk datang ke Kanada sebagai pengungsi.

"Ini rasa lega yang sangat besar, masih sedikit tidak bisa dipercaya," kata Laurie Cooper, seorang sukarelawan dari Canada Caring Society.

"Hingga saya memberinya pelukan di bandara itu tidak benar-benar nyata. Ini adalah perjalanan yang panjang dan penuh pasang surut," lanjutnya.

Kelompok itu mengatakan orang-orang dari seluruh dunia membantu mengumpulkan dana untuk membawa Kontar ke Kanada, dan terhindar dari ancaman keselamatan di tanah kelahirannya, Suriah.

Departemen imigrasi federal Kanada menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa pria Suriah itu datang ke Kanada, di mana hal tersebut adalah kebijakan yang mengutip undang-undang privasi.

"Meskipun kami tidak dapat mengomentari kasus individu, setiap aplikasi ditinjau secara adil, berdasarkan pada manfaatnya," kata lembaga tersebut dalam sebuah pernyataan.

Sejumlah organisasi hak asasi telah memperjuangkan kasus Kontar, dan sebuah petisi online yang diluncurkan oleh Canadian Caring Society berhasil mengumpulkan lebih dari 62.000 tanda tangan dukungan.

Simak video pilihan berikut: 

Kota Homs di Suriah yang hancur setelah perang meletus mulai berbenah diri.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2TNdG2v

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pria Suriah yang Terjebak di Bandara Malaysia Resmi Terima Suaka dari Kanada"

Post a Comment

Powered by Blogger.