Search

2 Kali Kecelakaan Fatal, Ini 7 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Boeing 737 MAX

Liputan6.com, Addis Ababa - Minggu pagi, 10 Maret, kabar duka kembali melanda dunia kedirgantaraan. Pesawat Ethiopian Airlines penerbangan Addis Ababa (Ethiopia)-Nairobi (Kenya) jatuh di Bishoftu, sebelah tenggara ibu kota Etiopia.

Burung besi dengan nomor penerbangan ET 302 ini hilang kontak setelah 6 menit lepas landas dari Bandara Internasional Bole. Tak ada satu pun penumpang dan awak kabin yang selamat. Semuanya, 157 orang, tewas dalam insiden tersebut.

Sebelumnya, 6 bulan lalu, tepatnya paada 29 Oktober 2018, pesawat Lion Air JT 610 yang terbang dari Jakarta menuju Pangkal Pinang (Bangka Belitung), juga mengalami kejadian nahas serupa dengan Ethiopian Airlines.

Pesawat ini kehilangan kontak usai 13 menit meninggalkan landasan pacu dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kemudian, kapal terbang tersebut diketahui jatuh di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. Total 189 orang yang berada di dalamnya tak selamat.

Di satu sisi, model pesawat yang digunakan oleh dua maskapai tersebut adalah tipe yang sejenis, yakni Boeing 737 MAX 8, keluarga baru pesawat penumpang sipil yang sedang dikembangkan oleh Boeing.

Hanya dalam selisih waktu 6 bulan, dua kecelakaan fatal terjadi pada generasi baru Boeing itu. Polanya pun disebut sama oleh pakar penerbangan: hilang kontak usai lepas landas dan jatuh bak lepas kendali.

Banyak orang kemudian bertanya-tanya terkait sistem keamanan Boeing 737-800 MAX dan kesiapan pihak Boeing saat memproduksi pesawat 737 MAX.

Berikut 4 hal yang perlu diketahui tentang Boeing 737 MAX, sebagaimana dilansir dari situs onemileatatime.com, Senin (11/3/2019).

Saksikan video pilihan berikut ini:

Boeing sebagai produsen Boeing 737 Max 8 angkat bocara soal jatuhnya pesawat Lion Air di perairan Karawang, Jawa Barat.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2SUzw2h

Bagikan Berita Ini

0 Response to "2 Kali Kecelakaan Fatal, Ini 7 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Boeing 737 MAX"

Post a Comment

Powered by Blogger.