Search

Jet Tempur China Melintasi Garis Perbatasan, Taiwan Naik Pitam

Liputan6.com, Taipei - Dua jet tempur China melintasi garis perbatasannya dengan Taiwan bernama Median Line pada Minggu, 31 Maret 2019, pagi waktu setempat. Insiden ini adalah pertama kalinya sejak 2011.

Mengutip Channel News Asia pada Senin (1/4/2019), Taipei mengecam keras hal itu, menyebutnya sebagai tindakan yang sembrono dan provokatif.

"Pada pukul 11.00 pagi, 31 Maret, dua jet tempur PLAAF J-11 melanggar perjanjian yang telah lama dipegang (kedua negara), dengan melintas Median Line di perairan yang memisahkan pulau itu (Pulau Formosa) dari daratan," tulis Kementerian Luar Negeri Taiwan di Twitter.

"Itu adalah tindakan yang disengaja, sembrono, dan provokatif. Kami telah menginformasikan kepada mitra regional kami dan mengecam tindakan China," lanjut kementerian itu.

Hal senada juga disampaikan oleh juru bicara Kantor Kepresidenan Alex Huang. Ia mengatakan bahwa penerbangan jet tempur itu merusak status quo perjanjian lintas-selat.

Sebagaimana diketahui, Beijing dan Taipei mengalami tensi hubungan yang kian panas setidaknya mulai 2016 saat Tsai Ing-wen, presiden pro-kemerdekaan Taiwan terpilih.

Sejak saat itu, China sangat aktif mengadakan latihan militer dekat Pulau Formosa. Bahkan, Tiongkok juga telah menempatkan kapal perang di dekat Taiwan.

Meski demikian, tindakan Minggu pagi tersebut adalah langkah yang tidak biasa, karena selama hampir sembilan tahun keduanya berusaha menghormati batas yang telah disepakati.

Terakhir, tindakan serupa terjadi pada 2011. Saat itu, insiden terjadi menyusul pesawat militer AS yang ditempatkan di dekat perbatasan Taipei-Beijing. Kedua belah pihak waktu itu sepakat menganggap insiden sebagai kesalahan yang tidak disengaja.

Simak pula video pilihan berikut:

Musibah bisa terjadi kapan saja termasuk kecelakaan pesawat jet milik TNI AU.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2WCSUTE

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jet Tempur China Melintasi Garis Perbatasan, Taiwan Naik Pitam"

Post a Comment

Powered by Blogger.