Search

Korea Utara Gelar Pemilu Hari Ini, Kim Jong-un Tak Ada di Surat Suara

Secara mengejutkan nama Kim Jong-un tidak ada di antara yang dipanggil, kata seorang pejabat kementerian unifikasi Korea Selatan yang bertanggung jawab atas hubungan antar-Korea kepada AFP.

Pada tahun 2014, Kim Jong-un menerima partisipasi 100 persen di konstituensi Gunung Paektu, dengan 100 persen mendukung, menurut KCNA.

Tidak tercantumnya nama Kim Jong-un di surat suara pemilu "belum pernah terjadi sebelumnya" dan "membingungkan", kata Lim Eul-chul, profesor studi Korea Utara di Universitas Kyungnam.

"Meskipun sulit untuk mengatakan secara meyakinkan, Kim tampak ingin membuat negara itu terlihat seperti negara normal jika dia tidak membawa gelar tambahan wakil ke legislatif ketika dia sudah memegang peringkat tertinggi negara," lanjutnya seperti dikutip dari Channel News Asia.

Kim Jong-un secara resmi adalah ketua Partai Buruh dan ketua Komisi Urusan Negara, badan pemerintahan tertinggi. Sementara almarhum kakeknya Kim Il-sung tetap menjadi Presiden Abadi negara itu, meski telah meninggal pada 1994.

Adik dan asisten dekat Kim Jong-un saat ini, Kim Yo-jong berada di antara anggota Majelis Rakyat yang baru terpilih, lapor kantor berita Korea Selatan Yonhap, mengutip media pemerintah Pyongyang.

Para kritikus mengatakan, pemilu di Korea Utara, dengan tidak adanya kompetisi, sebagian besar merupakan ritual politik untuk memungkinkan pihak berwenang mengklaim mandat dari rakyat, sambil memperkuat kesetiaan kepada pemerintah.

Setelah memberikan suara pada hari pemungutan suara, warga Pyongyang, Ri Inyong (61) mengatakan kepada AFP, pemilihan itu adalah "kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia persatuan pikiran tunggal di sekitar kamerad pemimpin tertinggi Kim Jong-un".

Warga Korea Utara biasa selalu menyatakan dukungan tanpa pamrih kepada pihak berwenang ketika berbicara kepada media asing.

"Di negara lain, mereka memilih kandidat dari partai yang berbeda dengan pandangan politik berbeda," kata Ri. "Dalam sistem sosialis kita, orang-orang memilih kandidat."

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2F6pLdS

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korea Utara Gelar Pemilu Hari Ini, Kim Jong-un Tak Ada di Surat Suara"

Post a Comment

Powered by Blogger.