Search

Vietnam Berupaya Tekan Ekspansi Tiongkok di Laut China Selatan

Liputan6.com, Hanoi - Negosiasi alot tentang pakta baru antara Tiongkok dan negara-negara Asia Tenggara --yang bertujuan meredakan ketegangan di Laut China Selatan-- mendorong Vietnam untuk bergerak lebih dulu melakukan protes.

Vietnam menginginkan pakta Kode Etik ASEAN (COC) menindak tegas berbagai pelanggaran China di kawasan perairan yang dipersengketakan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pembangunan pulau buatan, blokade dan persenjataan ofensif seperti penyebaran rudal.

Dalam rancangan pakta tersebut, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Senin (31/12/2018), Vietnam berupaya mendorong larangan terhadap setiap Zona Identifikasi Pertahanan Udara baru, seperti contoh kebijakan sepihak yang diumumkan Beijing di Laut China Timur pada 2013.

Hingga saat ini, pejabat Beijing masih mengklaim bahwa pesawat yang melintasi sebagian perairan Laut China Selatan berada di bawah otoritas Tiongkok.

Senada isu di atas, Vietnam juga mendesak negara-negara di sekitar Laut China Selatan segera mengklarifikasi klaim maritim mereka di jalur perdagangan vital tersebut, menurut hukum internasional.

Hal tersebut adalah upaya nyata untuk menghancurkan "sembilan garis putus-putus" yang kontroversial, di mana Tiongkok mengklaim dan berpatroli di sebagian besar Laut China Selatan.

Le Thi Thu Hang, seorang juru bicara di Kementerian Luar Negeri Vietnam, mengatakan negosiasi tentang Kode Etik ASEAN telah membuat beberapa kemajuan baru-baru ini, di mana para negara anggotanya telah menunjukkan "semangat konstruktif dan kooperatif mereka".

"Vietnam berharap negara-negara terkait memberikan kontribusi positif pada proses negosiasi untuk mencapai COC yang substantif dan efektif, sesuai dengan hukum internasional, khususnya Konvensi PBB tentang Hukum Laut 1982, yang berkontribusi pada pemeliharaan perdamaian, stabilitas dan keamanan di Laut Timur (Laut Cina Selatan) khususnya dan di kawasan pada umumnya," katanya.

Simak video pilihan berikut: 

Kongres Rakyat China menghapus batas waktu jabatan presiden, memungkinkan Xi Jinping berkuasa seumur hidup.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping http://bit.ly/2LESw31

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Vietnam Berupaya Tekan Ekspansi Tiongkok di Laut China Selatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.