Search

Scott Morrison Terpilih Sebagai Perdana Menteri Baru Australia Gantikan Malcolm Turnbull

Liputan6.com, Canberra - Australia akan segera memiliki perdana menteri baru, menggantikan Malcolm Turnbull yang didesak mengundurkan diri, menyusul hujaman kritik tajam dari koalisi parlemen dan rival partainya.

Turnbull mengalami tekanan besar dari hasil jajak pendapat yang buruk, kompleksnya proses pemilihan, dan pemberontakan oleh anggota parlemen yang konservatif.

Dikutip dari BBC pda Jumat (24/8/2018), kandidat terkuat pengganti Turnbull adalah Scott Morrison, rekan sejawat di Partai Liberal, yang juga merupakan mantan bendahara nasional. Ia dikabarkan menang 45-50 dalam pemungutan suara dengan mantan Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton.

Morrison juga diketahui pernah menjabat sebagai direktur pelaksana pada lembaga Tourism Australia, yang memberikan portofolio penting dalam isu imigrasi dan layanan sosial di Negeri Kanguru.

Menteri Luar Negeri Julie Bishop juga turut mencalonkan diri seabagai kandidat perdana menteri, namun tidak berhasil mencapai babak final.

Ketiga kandidat maju ke dalam "perlombaan terbuka" itu ketika Turnbull kehilangan dukungan utama dari Partai Liberal yang menaunginya. Hal itu, secara efektif, membuat kepemimpinannya tidak dapat dipertahankan.

Setelah Morrison diketahui memiliki kans terbesar sebagai perdana menteri Australia yang baru, para kandidat lainnya, termasuk Turnbull, tidak menunjukkan reaksi apapun dan menolak berkomentar di hadapan wartawan.

Hanya Dutton yang terekam media, menghampiri Morrison dan mengucapkan selamat, lalu segera pergi setelahnya.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan video pilihan berikut ini:

Banyak tokoh bersimpati atas rangkaian aksi teror bom di Surabaya, Jawa Timur. Salah satunya dari Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Pzy7O7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Scott Morrison Terpilih Sebagai Perdana Menteri Baru Australia Gantikan Malcolm Turnbull"

Post a Comment

Powered by Blogger.