Search

Pertama Kalinya, PLTN Fukushima Umumkan Kematian Akibat Paparan Radiasi Nuklir

Liputan6.com, Fukushima - Untuk pertama kalinya, Jepang mengumumkan bahwa seorang pekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima meninggal dunia akibat terpapar radiasi.

BBC yang dikutip Kamis (6/9/2018) melaporkan, pekerja di PLTN Fukushima itu diidentifikasi sebagai pria berusia 50 tahunan. Meninggal karena kanker paru-paru yang didiagnosis pada tahun 2016.

Pemerintah Jepang sebelumnya telah sepakat bahwa radiasi menyebabkan penyakit pada empat pekerja, tetapi kasus kematian ini adalah yang pertama mereka akui.

Reaktor Fukushima mengalami kerusakan setelah gempa berkekuatan 9 SR dan tsunami pada Maret 2011. Bagian sistem pendingin di reaktor yang terletak di pantai timur laut Jepang rusak dan bahan radioaktifnya bocor.

Karyawan yang meninggal telah bekerja di pembangkit listrik tenaga atom itu sejak tahun 1980. Ia bertugas mengukur radiasi di PLTN Fukushima No 1 tak lama setelah rusak.

"Dia bekerja di sana setidaknya dua kali setelah rusak, mengenakan masker wajah dan pakaian pelindung," kata Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang.

Setelah mendengar pendapat dari panel ahli radiologi dan ahli lainnya, pihak kementerian memutuskan bahwa keluarga pria itu harus menerima ganti rugi.

Saksikan juga video berikut ini:

Gempa dengan kekuatan 7,4 skala Richter (SR) mengguncang timur laut Jepang, dekat Prefektur Fukushima pada pukul 06.00 waktu setempat, Selasa 22 November 2016.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2wOCrBA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertama Kalinya, PLTN Fukushima Umumkan Kematian Akibat Paparan Radiasi Nuklir"

Post a Comment

Powered by Blogger.