Search

Asteroid Tengkorak Akan Melintasi Bumi Setelah Perayaan Halloween

Liputan6.com, Honolulu - Sebuah asteroid berbentuk tengkorak, yang terbang di dekat ke Bumi tiga tahun lalu, diperkirakan akan kembali melintas setelah perayaan Halloween, antara akhir Oktober dan awal November 2018.

Dijuluki The Great Pumpkin oleh para pejabat di NASA, asteroid 2015 TB145 akan melintas dengan jarak 24 juta mil dari Bumi pada 11 November, kata agensi tersebut.

Sementara mungkin terdengar jauh, sebagaiamana dikutip dari Independent.co.uk pada Minggu (30/9/2018), konsep ruang angkasa menilainya sebagai jarak yang relatif dekat, yakni sekitar seperempat jauhnya antara Bumi dan Matahari.

Asteroid tersebut memiliki diameter sekitar 600 meter, di mana terakhir melintas dekat dengan Bumi pada 31 Oktober 2015, yakni dalam jarak 300.000 mil, atau setara dengan 482 ribu kilometer.

Pada saat itu, pengguna media sosial menjulukinya sebagai "komet kematian", karena penampilannya yang menyeramkan.

Kelly Fast, seorang ilmuwan program di NASA, mengatakan saat itu: "Data IRTF (Infrared Telescope Facility) mungkin menunjukkan bahwa objek itu merupakan komet mati, tapi ... tampaknya telah mengenakan kostum tengkorak."

Pejabat di agensi terkait telah terus mengamati pergerakan asteroid terkait dari fasilitas teleskop di Hawaii.

Simak video pilihan berikut: 

Semula benda yang dinilai menabrak Jupiter adalah komet. Tapi karena jumlah asteroid lebih banyak, maka diduga kuat objek yang menabrak Jupiter tersebut adalah asteroid.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2P0vogc

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asteroid Tengkorak Akan Melintasi Bumi Setelah Perayaan Halloween"

Post a Comment

Powered by Blogger.