Search

135 Tahun Berlalu, Bolivia Kembali Tuntut Chile Berikan Akses Laut

Liputan6.com, La Paz - Sebuah aksi teatrikal di ibu kota Bolivia, La Paz, menampilkan replika patroli angkatan laut dengan diiringi oleh kibaran bendera lautan biru, yang dipasang di gedung-gedung di sekitarnya.

Pangkalan angkatan laut dari Danau Titicaca ke Amzon digaungkan dengan sembnoyan: "Laut adalah milik kita. Untuk meraihnya kembali adalah sebuah kewajiban."

Dikutip dari The Guardian pada Senin (1/10/2018), meski wilayah Bolivia terkurung daratan, namun ingatan tentang garis pantai masih terus hidup sejak direbut paksa oleh Chile pada akhir Abad ke-19. Rakyat setempat tidak henti-hentinya menuntut sebidang area yang menjadi akses menuju pesisir Pasifik.

Aksi teatrikal yang digelar pada Minggu 30 September itu, disebut sebagai harapan tertinggi warga Bolivia dalam beberapa dekade terakhir. Hal tersebut dikarenakan La Paz tengah menunggu keputusan Pengadilan Internasional tentang nasi akses laut negaranya, yang telah diperjuangkan sejak lima tahun lalu.

"Bolivia memiliki momentum, semangat persatuan, perdamaian, dan tentu saja mengharapkan dengan pandangan positif hasil keputusan akses laut kami," kata Roberto Calzadilla, seorang diplomat Bolivia.

Banyak warga Bolivia akan menyaksikan keputusan ICJ di layar besar di seluruh negeri pada Senin ini (Selasa WIB), berharap bahwa Pengadilan Internasional di Den Haag akan mendukung klaim Bolivia bahwa --setelah beberapa dekade pembicaraan yang alot-- Chile berkewajiban untuk bernegosiasi memberikan wilayah berdaulat bagi La Paz untuk mengakses laut.

Presiden Bolivia Evo Morales --yang menghadapi persaingan kontroversial untuk pemilu tahun depan-- menyampaikan dukungan besar pada keputusan hari Senin.

"Kami sangat dekat untuk kembali ke Samudera Pasifik," katanya pada akhir Agustus.

Tetapi beberapa analis percaya bahwa Pengadilan Internasional tidak mungkin memutuskan mendukung Bolivia.

Badan PBB yang bermarkas di kota Den Haag, Belanda, tidak memiliki kekuatan untuk mendesak Chile memberikan sebagian wilayahnya, dan telah menetapkan bahwa sidang terkait tidak akan menentukan masa depan akses laut.

Simak video pilihan berikut: 

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2OotwAB

Bagikan Berita Ini

0 Response to "135 Tahun Berlalu, Bolivia Kembali Tuntut Chile Berikan Akses Laut"

Post a Comment

Powered by Blogger.