Search

Rusia: Stasiun Ruang Angkasa Bocor, Ada Pihak yang Sengaja Sabotase

Liputan6.com, Moskow - Pihak Rusia mengatakan bahwa kebocoran udara di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) kemungkinan akibat sabotase.

Dugaan tersebut disampaikan oleh kepala badan antariksa Rusia Roscosmos, Dmitry Rogozin, di tengah-tengah penyelidikan yang masih berlangsung.

Dikutip dari The Guardian pada Rabu (5/9/2018), lubang yang terdeteksi Kamis lalu itu ditemukan oleh wahana Soyuz milik Rusia, yang berlabuh di ISS. Rogozin menyebut hal itu kemungkinan bisa disebabkan oleh aktivitas latihan yang disengaja, baik di Bumi atau oleh seseorang di orbit.

Dijelaskan oleh Rusia, astronot menggunakan selotip untuk menutup kebocoran. Setelah tekanan kecil yang tidak mengancam jiwa akibat lubang itu menghilang.

"Sebuah komisi negara akan berusaha mengidentifikasi pelakunya," kata Rogozin, seraya mengatakan hal itu "masalah kehormatan" untuk perusahaan Energiya Rusia yang membuat wahana Soyuz.

Diminta berkomentar atas tuduhan kemungkinan sabotase, juru bicara NASA merujuk semua pertanyaan ke badan antariksa Rusia yang mengawasi analisis komisi.

Awalnya Rogozin mengatakan lubang di sisi kapal yang digunakan untuk mengangkut astronot kemungkinan besar disebabkan dari luar, yakni oleh meteorit kecil. Tetapi beberapa waktu kemudian, ia mengakui bahwa dugaan tersebut telah dikesampingkan.

ISS adalah salah satu dari beberapa wilayah kerja sama Rusia dan AS yang tetap tidak terpengaruh oleh kemerosotan hubungan dan sanksi Washington.

Saat ini, di ISS ada dua kosmonot dari Rusia, tiga astronot NASA dan seorang Jerman dari European Space Agency.

Simak video pilihan berikut:

Sebuah video mencengangkan menayangkan gambar ‘antariksawan’ terlempar dari stasiun ruang angkasa dan tidak kembali lagi.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2wOYqbx

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rusia: Stasiun Ruang Angkasa Bocor, Ada Pihak yang Sengaja Sabotase"

Post a Comment

Powered by Blogger.