Search

Kanselir Jerman Sebut Pembicaraan Brexit dan Uni Eropa Sulit Dilanjutkan

Liputan6.com, Berlin - Kanselir Jerman Angela Merkel memperingatkan para pemimpin bisnis negaranya bahwa negosiasi Brexit berada dalam bahaya kehancuran.

Dikutip dari The Guardian pada Rabu (5/9/2018), peringatan pemimpin Jerman tersebut merujuk pada kebuntuan yang dihadapi dalam pembicaraan di Brussels --ibu kota Uni Eropa-- beberapa bulan sebelum Inggris benar-benar mengesahkan Brexit.

"Kami tidak ingin diskusi itu gagal. Kami akan menggunakan semua kekuatan dan kreativitas kami untuk memastikan kesepakatan (Brexit) terjadi. Kami tidak ingin negosiasi ini runtuh. Tetapi kami juga tidak dapat sepenuhnya mengesampingkan hal itu, karena kami masih tidak memiliki hasil," ujar Merkel dalam sebuah konferensi di Frankfurt pada Selasa 4 September.

Uni Eropa mengatakan perlu kesepakatan untuk dipukul pada perjanjian penarikan yang mencakup hak warga negara, tagihan pemsiahan diri senilai 39 miliar poundsterling (setara Rp 1.544 triliun), dan perbatasan Irlandia, bersama dengan deklarasi politik pada kesepakatan masa depan, paling lambat pada bulan November.

Kanselir Jerman secara umum memainkan "peran di kursi belakang" dalam pembicaraan tersebut, dan lebih memilih untuk campur tangan hanya pada titik-titik krisis di KTT Uni Eropa.

Para pemimpin Uni Eropa akan bertemu di Brussels pada bulan Oktober, tetapi KTT darurat sedang direncanakan untuk tangga 13 November, jika negosiasi memerlukan beberapa minggu tambahan untuk kesepakatan yang akan dibuat.

Mereka akan berkumpul dalam pertemuan puncak di Salzburg akhir bulan ini, di akan dibahas tawaran "lebih hangat" keapda PM Theresa May terkait proposal Chequers, untuk dibawa ke konferensi Konservatif dalam beberapa minggu ke depan, bersama dengan isu Irlandia Utara.

Simak video pilihan berikut: 

Inggris dipastikan akan hengkang dari Uni Eropa menyusul hasil referendum yang menunjukkan kemenangan di kubu Brexit. Seperti dilansir CNN.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2MLyd7I

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kanselir Jerman Sebut Pembicaraan Brexit dan Uni Eropa Sulit Dilanjutkan"

Post a Comment

Powered by Blogger.