Search

Putin Tawarkan Warga Ukraina Paspor Rusia, Ini Respons Presiden Zelensky

Pada hari Rabu pekan lalu, pemimpin Rusia mengumumkan skema paspor yang akan diterapkan ke Donetsk dan Luhansk, dua republik yang diklaim telah direbut oleh separatis yang didukung Rusia pada tahun 2014, setelah Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina.

Krimea sendiri dimasukkan ke Rusia, memberikan penduduknya hak kewarganegaraan yang sama dengan yang ada di Rusia.

Vladimir Putin mengatakan, orang-orang yang tinggal di Donetsk dan Luhansk --yang menganggap diri mereka adalah warga negara Rusia-- berhak atas paspor Rusia.

Pada hari Sabtu kemarin, Putin berkata: "Kami sedang mempertimbangkan untuk menyediakan prosedur yang disederhanakan (untuk memperoleh kewarganegaraan Rusia) bagi semua penduduk Ukraina."

Tanggapan Ukraina

Presiden terpilih Ukraina, Volodymyr Zelensky menyebut, paspor Rusia memberikan "hak kepada otoritas Rusia untuk menangkap warga Ukraina yang turun dalam aksi protes damai" dan "hak untuk tidak memiliki pemilu yang bebas dan kompetitif."

Dia juga menuntut "penghentian total" di wilayah Ukraina bagian timur dan Krimea, dengan menekankan bahwa negaranya "tidak akan pernah menyerah untuk bertahan".

Akan tetapi, Zelensky juga memberikan pesan bernada "damai", dengan mengatakan bahwa dia siap untuk negosiasi tentang konflik bersenjata yang telah merenggut sekitar 13.000 jiwa sejak 2014.

"Saya harap Rusia lebih banyak bermusyawarah dengan kami daripada menembak," tulisnya di Facebook.

Menjelang pelantikannya, Zelensky menggarisbawahi niatnya untuk "memperbarui hubungan" dengan Ukraina bagian timur dan memulai "perang informasi yang kuat untuk mengakhiri konflik".

Sebagai tanggapan, Rusia mengatakan ingin menunjukkan "penilaian yang baik", "kejujuran" dan "pragmatisme" sehingga relasi mereka bisa membaik.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping http://bit.ly/2XSkdds

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Putin Tawarkan Warga Ukraina Paspor Rusia, Ini Respons Presiden Zelensky"

Post a Comment

Powered by Blogger.