Search

Partai Sosialis Kembali Menang dalam Pemilu Spanyol

Liputan6.com, Madrid - Partai Pekerja Sosialis Spanyol (PSOE) yang memerintah, kembali memenangkan pemilu ketiga dalam empat tahun terakhir, dengan 123 kursi, setelah 99,9 persen suara dihitung.

Pesaing historis PSOE, Partai Rakyat (PP) yang berhaluan politik kanan-tengah, memenangkan 66 kursi dalam pemilihan hari Minggu di Spanyol, demikian sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Senin (29/4/2019).

Berbicara kepada para pendukung di Madrid, pemimpin PSOE, Perdana Menteri Pedro Sanchez, mengatakan "masa depan telah terang" setelah partainya memenangkan sekitar 30 persen suara, dengan tingkat partisipasi sekitar 75 persen.

Para pendukungnya meneriakkan "Dengan Rivera, tidak!" pada rapat umum tersebut, merujuk pada Albert Rivera, pemimpin Citizens, sebuah partai yang mengklaim sosialis, tetapi bersekutu dengan PP dan Vox yang berhaluan kanan.

Di lain pihak, PP memenangkan 66 kursi, di mana hal itu turun dari perolehan 71 kursi pada pemerintahan Spanyol sebelumnya.

Pemimpin PP, Pablo Casado mengatakan kepada pendukungnya pada Minggu malam bahwa partai itu akan "terus memimpin oposisi dan kanan-tengah" Spanyol.

Adapun Citizens memenangkan 57 kursi, sementara Vox membuat perolehan bersejarah dengan 24 kursi --mewakili kembalinya sayap kanan ke politik nasional Spanyol.

Bersamaan dengan itu, PM Sanchez mengumumkan bahwa ia akan segera membuka pembicaraan dengan partai politik lain untuk membentuk koalisi.

Namun, para aktivis lokal telah mengaku pesimis atas kemenangan sosialis, yang menudingnya sebagai bentuk kelanggengan "negara otoriter".

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping http://bit.ly/2ZGQExf

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Partai Sosialis Kembali Menang dalam Pemilu Spanyol"

Post a Comment

Powered by Blogger.