Search

Berapa Rata-Rata Peluang Hidup Usai Transplantasi Organ? Ini Jawabannya

Liputan6.com, Jakarta - Waktu adalah hal yang sangat berharga. Kebanyakan dari kita tentu tidak ingin menyia-nyiakan waktu. Terlebih bersama orang terkasih seperti keluarga.

Namun, tidak ada yang mampu memprediksi waktu. Sebab, usia seseorang hanya di tangan Tuhan. Bisa saja, besok, lusa, minggu depan, hingga bulan kita akan tutup usia.

Hal semacam ini tentu dikhawatirkan semua orang, termasuk mereka yang sedang mengidap penyakit. Apalagi pasien yang hidup dengan bantuan alat.

Sejumlah pertanyaan muncul. Kira-kira berapa lama seseorang akan mampu bertahan hidup lewat proses transplantasi organ. Apakah mampu hidup selamanya?

Seperti yang kita tahu, proses transplantasi organ itu tidaklah mudah dan murah. Diperlukan biaya yang sangat mahal.

Bahkan, sebelum melakukan operasi harus membutuhkan uang sebagai bagian pemeriksaan. Lalu masuk pada tahapan operasi.

Setelah itupun mereka yang melakukan transplantasi organ harus menjalani perawatan khusus sebelum bisa pulang dan menjalankan aktivitas. Biaya obat-obatan pun harus tetap dihitung.

Transplantasi ginjal dan jantung dapat memperpanjang hidup kita secara dramatis dan membantu kita hidup 20 tahun lagi. Tetapi kita juga tidak boleh melupakan komplikasi pasca operasi, termasuk infeksi.

Sistem kekebalan bisa sangat rentan, itulah sebabnya organ sering menolak benda yang ditransplantasikan.

Untungnya, ilmu kedokteran terus berkembang dan sekarang mereka telah menemukan solusi menggunakan sel induk. Sel-sel induk ini dapat membantu tubuh menyesuaikan dan tidak menolak transplantasi.

Tetapi mari kita membuat perhitungan sederhana tentang berapa banyak operasi yang kita perlukan untuk hidup lebih lama pasca-transplantasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Seorang gadis Thailand menunjukkan tahap-tahap perubahan pada wajahnya setelah menjalani operasi plastik. Wajahnya sempat bengap, terlihat seperti habis kecelakaan. Namun, setelah itu hasilnya pun sungguh menakjubkan!

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping https://ift.tt/2JXReTp

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berapa Rata-Rata Peluang Hidup Usai Transplantasi Organ? Ini Jawabannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.