Search

30-5-1998: Gempa Magnitudo 6,5 Afghanistan Musnahkan 8 Desa, 5.000 Orang Meninggal

Pekerja bantuan darurat skeptis dengan tingkat kerusakan dan jumlah korban yang dikabarkan tersebut.

"Gempa itu terjadi di siang hari, ketika kebanyakan orang berada di luar dan tidak di rumah mereka," kata seorang pekerja bantuan. "Sehingga jumlah korban mungkin sangat dilebih-lebihkan."

Perkiraan kekuatan gempa juga bervariasi. Ahli gempa Pakistan melaporkan tiga gempa antara magnitudo 4,5 dan 5,4, sementara kantor seismologi Beijing menempatkan kekuatan gempa di magnitudo 7,1.

Survei Geologi AS memperkirakan besarnya gempa di magnitudo 6,9, dibandingkan dengan gempa 6,4 skala Februari 1998 yang juga di Afghanistan. Namun menurut informasi yang banyak diberitakan, intensitas gempa berada pada magnitudo 6,5.

Gempa itu melanda wilayah Rustaq di dekat perbatasan dengan Tajikistan, sekitar 240 kilometer sebelah utara ibu kota Afghanistan Kabul, wilayah yang sama seperti pada gempa Februari, menurut Jacques Trembley dari kelompok bantuan medis. "Kami merasakannya di sini; (gempa) itu kuat," kata Trembley kepada Reuters melalui telepon dari kota utara Mazar-i-Sharif.

Martinez mengatakan, hujan lebat menghambat aliran pasokan bantuan dan personel ke daerah itu dan pesawat-pesawat pemasok bantuan dialihkan dari Kabul ke kota Faisalbad, Pakistan.

Sementara itu, pada tanggal 30 Mei juga terjadi sejumlah peristiwa bersejarah di antaranya adalah tewasnya Presiden Bangladesh akibat dihujani peluru pemberontak, kabar bohong berujung maut di jembatan Brooklyn, serta insiden banjir akibat luapan sungai Kentucky.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita kurang lengkap buka link di samping http://bit.ly/2KbgGU4

Bagikan Berita Ini

0 Response to "30-5-1998: Gempa Magnitudo 6,5 Afghanistan Musnahkan 8 Desa, 5.000 Orang Meninggal"

Post a Comment

Powered by Blogger.